Kamis, 24 September 2009

50 Cara Cerdas Menggunakan Waktu : Part3


21. Ini cara untuk merencanakan hari Anda, baik itu di pagi hari atau di malam hari sebelumnya. (1) diselembar kertas tuliskan jadwal pertemuan yang sudah ditulis di kalender saku Anda, (2)lihat daftar di buku catatan Anda, dan daftar tugas penting yang harus dikerjakan hari ini, (3) tambahkan ± 15 menit untuk istirahat demi menyeimbangkan hidup Anda.
22. Belajarlah berbicara dan menulis secara jelas dan padat. Baca buku, ikut kursus, dan sampaikan pendapat Anda sesederhana mungkin. Jika seseorang meminta anda 1000 kata, jangan memberi dia 1200 kata. Jika Anda diminta berbicara selama 30 menit, jangan bicara selama 40 menit. Terlalu banyak kata dapat membuang waktu Anda dan orang lain sia-sia.
23. Apakah daftar “LIST TO DO” harian Anda dipenuhi dengan banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan? Jangan ragu untuk menentukan prioritasnya. Pilih maksimal 3 tugas penting yang memungkinkan untuk Anda kerjakan setiap harinya. Ingat seorang manajer yang sangat efektif hanya memiliki 3 tugas yang menjadi prioritas utama setiap harinya. Ketika mereka selalu bisa menyelesaikan setiap tugas yang ada dalam daftar “LIST TO DO” harian mereka, semangat mereka akan semakin bertambah.
24. Apakah Anda pernah berpikir untuk menulis daftar pekerjaan yang tidak harus dilakukan? Daftar ini meliputi pekerjaan yang dapat Anda delegasikan kepada orang lain, tugas/pekerjaan yang hanya dilakukan untuk menyenangkan orang lain, dan pekerjaan yang hasilnya sedikit atau tidak berarti. Untuk mengetahui apakah suatu tugas/pekerjaan itu penting atau tidak, tanyakan pada diri sendiri, “Apakah akibat terburuk jika saya tidak melakukan pekerjaan tersebut?” jika jawabannya “tidak ada” atau “tidak banyak”, maka jangan lakukan pekerjaan itu.
25. Ketika berbicara dengan seorang teman atau kolega, apakah Anda pernah berpikir, “Apalagi ya, yang perlu saya bicarakan dengan dia?” Jika memang Anda berencana mengontak orang secara berkala, buatlah topic bahasan yang perlu dibicarakan dengan orang tersebut dalam buku catatan. Ketika saat ini Anda memikirkan sesuatu yang perlu dibicarakan dengan dia tuliskan dalam buku catatan Anda, jangan hanya menyimpannya dalam kepala
26. Apakah Anda merasa memiliki terlalu banyak tugas untuk dikerjakan? Setiap tugas kelihatan seperti sangat mendesak untuk dilakukan? Dan Anda tidak tahu darimana memulainya? Untuk mengatasinya, pilih pekerjaan yang memberikan banyak kepuasan bagi diri Anda. Pertimbangkan antara tugas yang satu dengan tugas yang lain dan tanyakan pada diri Anda sendiri, “Apa yang saya rasakan di penghujung hari setelah menyelesaikan tugas ini?”
27. Apakah Anda pernah mencoba sesuatu yang baru (hobi, olahraga atau pelajaran) tetapi kemudian segera mengabaikannya karena Anda tidak punya banyak waktu lagi? Sebelum memulai suatu hobi atau sesuatu yang baru, cobalah untuk mengeliminasi satu hobi atau sesuatu yang lama, mungkin sesuatu yang tidak Anda sukai. Akan lebih baik jika Anda dapat mengurangi 2 macam hobi.
28. Jika Anda membeli perlengkapan rumah dan kantor secara borongan atau dalam jumlah yang banyak, maka Anda akan dapat uang dan waktu belanja. Bahkan tidak jarang jika Anda membeli dalam jumlah tertentu, Anda akan mendapat hadiah atau bonus.
29. Hal terburuk dari menunda-nunda pekerjaan adalah pekerjaan tersebut akan terus membesar dan semakin menumpuk, apalagi jika Anda terus menerus malas mengerjakannya. Oleh karena itu, banyak orang akan berkata pada Anda, “Mengapa lambat sekali, ini bukan pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya.” Karena itu, hindari menunda-nunda pekerjaan, sekalipun pekerjaan itu kelihatan kecil dan remeh.
30. Cobalah sisihkan waktu untuk membaca puisi. Puisi-puisi yang bagus dapat menumbuhkan keberanian, semangat, dan memperkaya jiwa.

Tidak ada komentar: